• SMK WIDYA NUSANTARA

  • Menciptakan Insan yang mandiri dan berkarakter serta dilandasi Iman dan Taqwa.
  • smk.winus.bekasi@gmail.com
  • 021-82424443 / 021-82424445
  • Pencarian
Memuliakan dan Menghormati Orang Tua

Pembaca yang dirahmati Allah, seorang Muslim yang tidak menghormati orangtuanya, tidak memuliakannya, apalagi tidak mau merawatnya, maka hidupnya akan jauh dari keberkahan. Di akhirat ia tak berhak atas surga Allah Subhanahu Wata’ala.

Tidak ada amal yang lebih tinggi, amal yang sangat mulia, dan pahala paling agung dari diri seorang Muslim setelah ia beriman dan berjihad kecuali senantiasa memuliakan orangtuanya, dan merawatnya hingga akhir hayat.

 

Dengan kata lain, siapapun dari umat Islam yang tidak memuliakan orangtuanya berarti dia tidak berhak atas kemuliaan. Sebaliknya, kehinaan demi kehinaan akan selalu menghampiri perjalan hidupnya di dunia maupun akhirat.

 

Sebuah Hadits menyebutkan, “Sungguh hina, sungguh hina, kemudian sungguh hina, orang yang mendapatkan salah seorang atau kedua orangtuanya lanjut usia di sisinya (semasa hidupnya), namun ia (orangtuanya) tidak memasukkannya ke Surga.” (HR: Ahmad).

Sungguh kerugian besar bila ada seorang Muslim yang menjumpai orangtuanya lanjut usia tetapi tidak merawatnya dengan tangannya sendiri, lebih mementingkan dirinya sendiri, mengkhawatirkan masa depannya sendiri, dan malah justru menitipkannya ke panti jompo.na’udzubillahi min dzalik.

 

Berkaitan dengan hal ini, ada satu kisah menarik yang tercantum di dalam musnad Imam Ahmad yang bisa kita simak.

 

Suatu ketika, seorang sahabat bernama Jahimah pernah datang kepada Nabi dan berkata. “Ya Rasulullah aku ingin ikut perang dan aku datang kepadamu untuk meminta saran.”

Rasulullah pun bertanya,“Apakah kamu masih mempunyai ibu?.”

“Ya, masih.” jawabnya. Maka beliau bersabda,“Kalau begitu, temanilah ia,berjihadlah dengan melayaninya .”

Berkaitan dengan sikap memuliakan dan menghormati orang tua, hendaknya kita mengambil pelajaran dari kisah Uwais al-Qorni.

Kisahnya adalah berawal dari pertemuaan Uwais  dengan ‘Umar bin Al Khattab radhiyallahu ‘anhu.

Dikisahkan bahwa  ‘Umar bin Al Khattab ketika didatangi oleh serombongan jamaah haji dari Yaman, ia bertanya. “Apakah di tengah-tengah kalian ada yang bernama Uwais bin ‘Amir?.”

Hingga tak lama setelah itu, Umar bin Khatab bisa bertemu dengan orang yang bersangkutan.

Kemudian Umar bertanya.“Benar engkau adalah Uwais bin ‘Amir?.”

Umar bertanya lagi,“Benar engkau dahulu memiliki penyakit kulit lantas sembuh kecuali sebesar satu dirham.”

Uwais menjawab, “Iya.”

Umar bertanya lagi,“Benar engkau punya seorang ibu?.”

Uwais menjawab,“Iya.”

Pembaca, kenapa Umar bin Khatab radiyallahu anhu bertanya seperti itu?. rupanya ada alasan dan sebab dari pertanyaan yang diajukan umar.

Umar pun menjelaskan. “Aku sendiri pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Nanti akan datang seseorang bernama Uwais bin ‘Amir bersama rombongan dari Yaman. Ia berasal dari Murad kemudian dari Qarn. Ia memiliki penyakit kulit kemudian sembuh darinya kecuali bagian satu dirham. Ia punya seorang ibu dan sangat berbakti padanya.

Seandainya ia mau bersumpah pada Allah, maka akan diperkenankan yang ia pinta. Jika engkau mampu agar ia meminta pada Allah supaya engkau diampuni, mintalah padanya.”

Umar pun berkata.“Mintalah pada Allah untuk mengampuniku.” Kemudian Uwais mendoakan Umar dengan meminta ampunan pada Allah.

 

Pembaca yang berbahagia, dari kisah Uwais bin Amir itu, kita bisa mengambil faidah yang banyak, salah satunya tentang kemuliaan orang tua dan ganjaran yang besar bagi orang yang memuliakan dan menghormati orang tuanya, khususnya ibu.

 

Semoga kita diberi anugerah, yakni kesempatan untuk bisa berbakti kepada kedua orang tua, sepanjang hayat kita, sehingga kita bisa mengecap keutamaan demi keutamaan dari bakti tersebut.

Wallahu a’lam.

 

http://fajrifm.com/memuliakan-dan-menghormati-orang-tua/

Tulisan Lainnya
9 Tips Mengelola Semangat Belajar Siswa

Semangat belajar seorang siswa tidak selalu berada dalam kondisi yang stabil. Kadang-kadang menurun namun di kesempatan lain semangat belajar justru akan meningkat. Sebenarnya, yan

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Pendidikan Karakter: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Urgensinya

Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter? Pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi pes

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Pendidikan di Era Modern

Dewasa ini sudah zamannya zaman digital, dimana-mana serba cepat, instan, dan canggih. Begitu pun di dunia pendidikan Indonesia saat ini. Bayangkan era orang tua kita, be

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Cikal Bakal Pendidikan Modern

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sesungguhnya, cikal bakal pendidikan Islam dimulai pada masa Khalifah Umar Ibn Khattab. Pada saat pemerintahannya, secara khusus Umar mengirimkan

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator